Pengen Jago “MASAK” ?

Hai ladies..
Pernah gak sih kalian ditanya “Kamu bisa masak apa aja ?”, bagi yang jago masak sih pasti jawabanya berentek panjaaaang banget, nah kalau yang gak jago masak atau bahkan cuma bisa masak mie instan dan air aja (jedieeeeerrr !!!) pasti tuuh serasa kayak disambar petir, mau jawab apa cobaa ? ya gak sih ? hahaha.
Apalagi kalau yang tanya CAMER (Calon Mertua) hiaaaaaaaaa pasti tuh pada gelabakan mau jawab apa. Udah gak usah kawatir buat para ledies yang tangannya belum pada terlatih  buat megang sutil, ulek-ulek, dsb (hehehe). Kampung Coretan bakal ngasih kalian tips buat kalian yang pengen nantinya bisa jawab jika ada pertanyaan extreme itu 😀
Nah ini terinspirasi dari temen saya yang kebetulan juga mendapati pertanyaan “aduhai” itu. Oke mulai saja :
1. Kalian gak usah tuh buru-buru buat beli buku resep, celemek atau alat-alat dapur buat memacu motivasi memasak kalian, itu nomer kesekian hahah. Yang harus kalian lakukan adalah Tarik nafas panjang, senyum, berjalan ke dapur, kemudian amati seluruh isi dapur kalian, lihat ada bumbu apa aja. Sudah ? kalau sudah maka ……
2. Ambil kertas (kalau bisa kertas yang berwarna kesukaan Anda) tulis tuh dikertas pake bolpen atau spidol “I WANNA BE MASTER CHEF” tempel di dapur dan kamar kalian. Tulis banyak dikertas yang berbeda motivasi-motivasi Anda agar tidak malas buat memasak. Biasanya motivasi yang ampuh nih, saya kasih contoh  “KALAU SAYA TIDAK BISA MASAK, APA KATA MERTUA SAYA ? SUAMI PASTI JARANG DIRUMAH !! ANAK SAYA AKAN MALU KALAU TAU IBUNYA TIDAK BISA MEMASAK”, atau “ISTRI IDAMAN SALAH SATUNYA ADALAH YANG BISA MEMASAK”, kalimat-kalimat seperti itu akan membangkitkan motivasi Anda dan mengalahkan rasa malas Anda.
3. Minta pada Ibu Anda untuk meminta Anda membantunya masak setiap pagi. Anda tidak perlu sok-sok’an masak sendiri yang malah bikin perut satu rumah mules karena masakan Anda. Awali semua dengan membantu ibu seperti mengiris bawang, mengulek bumbu atau sambal, memotong sayur dan hal-hal kecil lainnya. Sebenarnya memasak adalah kebiasaan, mulailah dari membiasakan diri untuk mebantu ibu didapur.
4. Jika tahap diatas sudah Anda lakukan dalam jangka waktu min seminggu, maka mulailah untuk mencoba meracik bumbu, mintalah kepada ibu Anda bumbu apa saja yang dibutuhkan, semisal bikin Sayur Asam, Anda hanya perlu tanya Ibu Anda apa saja bumbu yang dibutuhkan. Kemudian raciklah sendiri seberapa takarannya dengan meminta ibu Anda mengawasi apakah benar takarannya sesuai. Jika Anda sering meracik bumbu walaupun dengan sepengawasan ibu Anda, maka “feeling” atau cita rasa memasak Anda akan keluar.Anda akan faham dan mengerti takaran-takaran bumbu yang harus disesuaikan dengan porsi masakan Anda.
5. Jika tahapan-tahapan diatas sudah Anda lakukan dan feeling memasak Anda sudah keluar maka pastilah Anda boleh tuh memasak sendiri buat keluarga Anda tanpa sepengawasan ibu Anda. Mulailah memasak dengan masakan yang biasa Anda masak dengan ibu Anda. Mintalah komentar pada Ayah, ibu, adik, kakak, atau anggota keluarga Anda lainnya, komentar-komentar pedas dari saudara Anda atau dari salah satu keluarga jangan dijadikan sebuat tamparan yang malah menurunkan motivasi Anda dalam memasak tapi jadikan hal tersebut sebagai pembelajaran yang akan membuat Anda lebih baik lagi dalam memasak.
6. Jika Anda sudah mahir dalam memasak masakan kebiasaan dirumah, maka Anda boleh tuh membeli buku resep dan memasak masakan yang berbeda sesuai keinginan Anda.
Memasak bukan dilihat dari apa yang kita masak, bukan dilihat darimana kita belajar. Kita pun bisa memasak seenak Chef di hotel-hotel atau restaurant. Memasak adalah tentang rasa, percaya diri, kesenangan, dan CINTA. Memasak dengan Cinta dan dapat menemukan feeling yang pas dalam memasak dapat mempengaruhi cita rasa masakan kita, meskipun yang kita masak sekelas “warteg”, its okey 🙂 gakpapa, yang penting rasanya bung hahaha..
Temukan CINTA dalam memasak, dijamin apapun yang Anda masak akan membuat orang yang mencicipi masakan Anda menemukan CINTA dalam masakan tersebut.
heheheh cara-cara diatas adalah pengalaman pribadi penulis, dan syukur Alhamdulillah bisa menemukan CINTA dalam memasak. Selamat mencobaa yaaa 😀
GANBATTE (^^)9
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s